TEMA : MEMBACA
SK : 3. Memahami teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata/menit
dan membaca puisi
KD : 3.3 Memahami puisi dengan
lafal dan intonasi yang tepat
No.
|
Indikador
|
Materi
|
Strategi Pembelajaran
|
Evaluasi
|
Format
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.
|
Menjelaskan pengertian lafal
|
Terlampir
|
-
Demonstrasi, dengan cara guru
memberi contoh puisi yang mengandung
huruf bunyi vokal
a i,u,e,o
-
Penugasan
|
Perhatikan
puisi berikut :
“a i u e o cinta”
dengan puisi ini
aku bersastra
menyatukan kata
demi kata
aku hanya manusia durjana
tapi aku mampu
menulis ini
dengan pena
cinta
jeritan yang terkuak dari
goresan hati
menjadikan pelita lara antara
hidup dan mati
aku pasti akan slalu
mengenang cerita ini
semua tentangmu tlah berlalu
aku hanya bisa terpaku sa’at
mengingat itu
kau tak lagi
milikku
namun hati ini tetap ingin
bersatu
cerita ini bukan kisah orang bule
karena aku hanyalah mantan
narapidana yang kece
cerita ini bukan juga ditulis
si rambut brekele
tapi hanya saja penyair jalanan
yang tertusuk cinta seakan
buatku mati bagaikan bangke
aku hanya manusia biasa bukan
pahlawan seperti rambo
namun aku akan terus berusaha
mendapatkan kembali cinta
putri seperti super mario
aku bukanlah pelakon cinta
putri seperti naruto
tapi untukmu aku akan rela mati
seperti romeo
Dari puisi “a i u e o cinta” diatas, carilah perbedaan
pengucapan huruf vokal o dan e.
|
- Guru
memberikan contoh puisi yang mengandung huruf bunyi vokal a,i,u,e,o
- Guru
menyuruh siswa mengamati puisi
- Siswa
mengamati puisi yang disediakan guru dengan teliti
- Siswa
menjawab pertanyaan evaluasi dari guru
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2.
|
Menjelaskan pengertian intonasi
|
Terlampir
|
-
Demonstrasi, dengan cara guru
memberi contoh membaca puisi dengan menggunakan intonasi yang tepat dengan tanda-
tanda intonasi dalam puisi
-
Penugasan
|
Perhatikan puisi dibawah ini, bait puisi Rendra.
“Sajak Sebatang Lisong”
Aku
bertanya/
tetapi
pertanyaan- pertanyaanku^
membentur
meja kekuasaan yang macet/
dan
papan tulis- papan tulis para pendidik/yang terlepas/ dari persoalan
kehidupan//
![]()
Jawablah pertanyaan dibawah ini sesuai dengan puisi diatas.
1. Tanda
(/) pada potongan puisi diatas menandakan.....
2. Tanda
(^) pada potongan puisi diatas menadakan......
3. Tanda
(//) pada potongan puisi diatas menandakan.....
|
- Guru memberikan
contoh cara membaca puisi dengan intonasi dang tepat
- Guru juga memberikan contoh tanda- tanda intonasi dalam
puisi
- Guru membagikan materi tentang tanda- tanda intonasi
dalam puisi
- Siswa diberi kesempatan untuk mengamati materi
- Guru memberikan soal evaluasi
- Siswa mengerjakan soal evaluasi dari guru
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.
|
Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat
|
Terlampir
|
-
Penugasan
-
Praktek membaca puisi
|
Bacalah
puisi dibawah ini di depan kelas.
Surat dari Ibu
Pergi ke dunia luas, anakku sayang
Pergi ke hidup bebas
Selama angin masih angin buritan
Dan matahari
pagi menyinari daun- daunan
Dalam rimba dan
padanghijau
Pergi kelaut lepas, anakku sayang
Pergi ke alam bebas
Selama hari belum petang
Dan warna senja belum kemerah- merahan
Penutup pintu
waktu lampau
|
- Guru membagikan puisi kepada masing- masing siswa
- Secara bergantian siswa membacakan puisi di depan kelas
- Siswa yang lain mengamati puisi yang dibacakan tersebut
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4
|
Menanggapi lafal dan intonasi puisi yang dibaca
|
Terlampir
|
-
Ceramah
-
Penugasan
|
Lembar
Pengamatan
Amati puisi yang dibacakan temanmu di depan kelas.
|
-
Siswa secara
bergantian membacakan puisi didepan kelas
-
Guru
memberikan lembar pengamatan kepada masing- masing siswa
-
Siswa
mengerjakan lembar pengamatan secara tepat
|