Langsung ke konten utama

buku ajar bahasa indonesia kelas 5 (Membaca)


TEMA            : MEMBACA

SK                               : 3.   Memahami teks dengan membaca  teks percakapan, membaca cepat 75 kata/menit dan membaca puisi
KD                  : 3.3 Memahami puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat

No.
Indikador
Materi
Strategi Pembelajaran
Evaluasi
Format
1.
Menjelaskan pengertian lafal
Terlampir
-        Demonstrasi, dengan cara guru memberi contoh  puisi yang mengandung huruf bunyi vokal
a i,u,e,o
-        Penugasan
Perhatikan puisi berikut :

“a i u e o cinta”

dengan  puisi ini aku bersastra
menyatukan  kata demi kata
aku hanya manusia durjana
tapi aku  mampu menulis ini
dengan  pena cinta

jeritan yang terkuak dari
goresan hati
menjadikan pelita lara antara
hidup dan mati
aku pasti akan slalu
mengenang cerita ini





semua tentangmu  tlah berlalu
aku hanya bisa terpaku  sa’at
mengingat itu
kau  tak  lagi  milikku
namun hati ini tetap ingin
bersatu

cerita ini bukan kisah orang bule
karena aku hanyalah mantan
narapidana yang kece
cerita ini bukan juga ditulis
si rambut brekele
tapi  hanya saja penyair  jalanan
yang tertusuk cinta seakan
buatku  mati bagaikan bangke

aku hanya manusia biasa bukan
pahlawan  seperti rambo
namun aku  akan  terus berusaha
mendapatkan kembali cinta
putri seperti super  mario
aku bukanlah  pelakon cinta
putri seperti naruto
tapi untukmu  aku akan  rela mati
seperti romeo

Dari puisi “a i u e o cinta” diatas, carilah perbedaan pengucapan huruf vokal o dan  e.
-    Guru memberikan contoh puisi yang mengandung huruf bunyi vokal a,i,u,e,o
-    Guru menyuruh siswa mengamati puisi
-    Siswa mengamati puisi yang disediakan guru dengan  teliti
-    Siswa menjawab pertanyaan evaluasi dari guru
2.
Menjelaskan pengertian intonasi
Terlampir
-    Demonstrasi, dengan cara guru memberi contoh membaca puisi dengan menggunakan intonasi yang tepat dengan tanda- tanda intonasi dalam puisi

-   Penugasan  
Perhatikan puisi dibawah ini, bait puisi Rendra.

“Sajak Sebatang Lisong”
Aku bertanya/
tetapi pertanyaan- pertanyaanku^
membentur meja kekuasaan yang macet/
dan papan tulis- papan tulis para pendidik/yang terlepas/ dari persoalan
kehidupan//
sumber: buku aku senang berbahasa Indonesia kelas 5

Jawablah pertanyaan dibawah  ini sesuai dengan puisi diatas.
1.    Tanda (/) pada potongan puisi diatas menandakan.....
2.    Tanda (^) pada potongan puisi diatas menadakan......
3.    Tanda (//) pada potongan puisi diatas menandakan.....
-        Guru memberikan contoh cara membaca puisi dengan intonasi dang tepat
-       Guru juga memberikan contoh tanda- tanda intonasi dalam puisi
-       Guru membagikan materi tentang tanda- tanda intonasi dalam puisi
-       Siswa diberi kesempatan untuk mengamati materi
-       Guru memberikan soal evaluasi
-       Siswa mengerjakan soal evaluasi dari guru
3.
Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat
 Terlampir
-          Penugasan
-          Praktek membaca puisi
Bacalah puisi dibawah ini di depan  kelas.

Surat dari Ibu

Pergi ke dunia luas, anakku sayang
Pergi ke hidup bebas
Selama angin masih angin buritan
Dan  matahari pagi menyinari daun- daunan
Dalam  rimba dan padanghijau

Pergi kelaut lepas, anakku sayang
Pergi ke alam bebas
Selama hari belum petang
Dan warna senja belum kemerah- merahan
Penutup pintu  waktu lampau

-    Guru membagikan puisi kepada masing- masing siswa
-    Secara bergantian siswa membacakan puisi di depan  kelas
-    Siswa yang lain mengamati puisi yang dibacakan tersebut
4
Menanggapi lafal dan intonasi puisi yang dibaca
Terlampir
-          Ceramah
-          Penugasan
Lembar Pengamatan

Amati puisi yang dibacakan temanmu di depan  kelas.

no

nama
lafal
intonasi
ekspresi

ket
3
2
l
3
2
l
3
2
l




























































-    Siswa secara bergantian membacakan puisi didepan kelas
-    Guru memberikan lembar pengamatan kepada masing- masing siswa
-    Siswa mengerjakan lembar pengamatan secara tepat



Postingan populer dari blog ini

RPP Bahasa Inggris (Skill Speaking) SD

A.       Tujuan Pembelajaran 1.     Siswa dapat melafalkan kosa kata baru setelah diberi contoh dengan benar 2.     Siswa dapat merespon dengan verbal sesuai instruksi guru dengan tepat 3.     Siswa dapat mengungkapkan kalimat sederhana dengan benar dan percaya diri 4.     Siswa dapat melaksanakan percakapan (bermain peran) dengan benar dan percaya diri B.        Materi Pembelajaran 1.     Vocabulary (Terlampir) 2.     Teks percakapan (Terlampir) C.       Media Pembelajaran 1.     Gambar Hewan 2.     Wayang Doraemon D.       Metode Pembelajaran Bermain peran wayang doraemon E.        Langkah Kegiatan Pembelajaran Kegiatan Pendidikan karakter Alokasi waktu ...

RPP Bahasa Indonesia kelas 6 - SK. Memahami Teks Dengan Membaca Intensif Dan Membaca Teks Drama

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan          : SD Negeri 1 Harapan Mata Pelajaran                : Bahasa Indonesia Kelas/Semester                : VI/II Hari/Tanggal                   : Alokasi waktu                 : 2 x 35 menit STANDAR KOMPETENSI 7. Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca teks drama KOMPETENSI DASAR 7.2   Mengidentifikasi berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari teks drama anak INDIKATOR 1.1.   1. Kognitif Produk a.   Mengidentifikasi berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari teks d...

RPP IPS - Menghargai Peran Tokoh Kemerdekaan Indonesia

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan          : SD Negeri 1 Harapan Mata Pelajaran                : Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas/Semester                : V/II Hari/Tanggal                   : Alokasi waktu                 : 2 x 35 menit STANDAR KOMPETENSI 2.     Menghargai peran tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan danmempertahankan kemerdekaan Indonesia KOMPETENSI DASAR 2.3 Menghargai jasa dan peran tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaanIndonesia INDIKATOR 1.1.   1. Kognitif Produk a. Mengidentifikasi peristiwa- peristiwa penting yang terjadi di ...