A.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melafalkan kosa kata baru setelah
diberi contoh dengan benar
2. Siswa dapat merespon dengan verbal sesuai
instruksi guru dengan tepat
3. Siswa dapat mengungkapkan kalimat sederhana
dengan benar dan percaya diri
4. Siswa dapat melaksanakan percakapan (bermain
peran) dengan benar dan percaya diri
B.
Materi Pembelajaran
1. Vocabulary (Terlampir)
2. Teks percakapan (Terlampir)
C.
Media Pembelajaran
1. Gambar Hewan
2. Wayang Doraemon
D.
Metode Pembelajaran
Bermain peran wayang doraemon
E.
Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Pendidikan
karakter
|
Alokasi
waktu
|
Ø Kegiatan Awal
1. Guru
mengucapkan salam dan meminta salah satu siswa untuk memimpin doa.
2. Guru
mengabsen kehadiran siswa
3. Guru
mengajak siswa menyanyikan lagu “Animal”.
4. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini dan langkah-langkahnya kegiatannya
|
-
Santun
-
Religius
-
Disiplin dan tanggung jawab
-
Rasa ingin tahu
|
5 menit
|
Ø Kegiatan Inti
1.
Guru memberi contoh cara melafalkan kosa kata baru
dan siswa menirukan (Tujuan Pembelajaran 1).
2.
Guru menunjukkan gambar dan siswa menyebutkan nama
gambar dalam bahasa Inggris (Tujuan Pembelajaran 2).
3.
Siswa berlatih mengungkapkan kalimat sederhana “hello,
my name is Ulfa”.
4.
Guru meminta perwakilan siswa untuk bermain peran
dan memperagakan perintah sesuai teks drama yang diberikan guru.
|
-
Mandiri
-
Percaya diri
-
Rasa ingin tahu
-
Kerja sama
-
Tanggung jawab
|
25 menit
|
Ø Kegiatan Akhir
1. Siswa
bersama guru membuat kesimpulan materi
yang telah dipelajari.
2. Guru
membagikan soal evaluasi kepada masing-masing siswa, dan siswa langsung
menerjakan secara individu.
3. Guru
melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang baru dilakukan.
4. Guru
memberikan tugas rumah untuk mengerjakan soal evaluasi LKS halaman 24-26.
5. Guru
mengakhiri pembelajaran dengan mengucap salam.
|
-
Komunikatif
-
Komunikatif
-
Rasa ingin tahu
|
5 menit
|
F.
Sumber Pembelajaran
-
Grow With
English 6
-
Kamus
Bergambar Pintar Bahasa Inggris
G.
Penilaian Pembelajaran
1. LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Assessment
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pronounciation
|
Performance
|
||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
2.
KRIKTERIA PENILAIAN
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Pronounciation
|
- Lancar
- Cukup lancar
- Kurang lancar
|
3
2
1
|
2
|
Performance
|
- Sangat percaya diri
- Cukup percaya diri
- Kurang percaya diri
|
3
2
1
|
Skor maksimal : 6

Nilai : Jumlah skor perolehan x 10
6
|
LAMPIRAN MATERI PEMBELAJARAN
Skill : Speaking
A. Vocabulary :
Vocab (Kosa Kata)
|
Cara Baca
|
Artinya
|
Dilligent
|
Dilijent
|
Rajin
|
Lazy
|
Lezi
|
Malas
|
Happy
|
Hepi
|
Senang
|
Sad
|
Sed
|
Sedih
|
Clever
|
Clevәr
|
Pandai
|
Stupid
|
Stupid
|
Bodoh
|
Thin
|
Tin
|
Kurus
|
Fat
|
Fet
|
Gemuk
|
Tall
|
Toll
|
Tinggi
|
Short
|
Syo:t
|
Pendek
|
Horse
|
Ho:s
|
Kuda
|
Rabbit
|
Raebit
|
Kelinci
|
Cow
|
Kau
|
Sapi
|
Lion
|
Laien
|
Singa
|
Giraffe
|
Dei’raf
|
Jerapah
|
Bear
|
Bea
|
Beruang
|
Elephant
|
Elifent
|
Gajah
|
Duck
|
Dak
|
Bebek
|
Book
|
Buk
|
Buku
|
Pen
|
Pen
|
Pulpen
|
Window
|
Windou
|
Jendela
|
Floor
|
Flo:
|
Lantai
|
Whiteboard
|
Waitbo:d
|
Papan tulis
|
Table
|
Tebel
|
Meja
|
Chair
|
Cair
|
Kursi
|
Door
|
Do:
|
Pintu
|
Bag
|
Baeg
|
Tas
|
Picture
|
Pik:ce
|
Gambar
|
|
B. GAMBAR BINATANG








C. LANGUAGE EXPRESSION
Memperkenalkan diri di
depan kelas.
1.
My name is Ulfa
2.
I’m twelve year old
3.
I’m live in Trenggalek
4.
My hobby is reading
D. ENGLISH CONVERSATION
Jayen : What is your name?
Suneo : My name is Suneo.
Jayen : Are you an Australian?
Suneo : No, I am Indonesian. What’s your
name?
Jayen : I am Jayen
Suneo : How are you today?
Jayen : I am fine, thank you.
Suneo : Where do you come from?
Jayen : I come from Jakarta. Where do you
live?
Suneo : I live in Medan. She is my niece, his
name is Sizuka. She live in Jakarta.
Jayen : Oh, Sizuka. Nice to meet you.
Sizuka : Nice to meet you too Jayen.
Nobita : Hi Sizuka, my name is Nobita. He is Doraemon,
my brother.
Sizuka : Hi, Nobita. Hi Doraemon. Are you go
to market?
Doraemon : Yes, we will go to market. Bay the way
where are you going, sizuka?
Sizuka : I will help my mother in market.
Nobita : Oke, we can go to market together.
Doraemon : When do you usually help your mother in
market?
Sizuka : On Sundays. What do you usually buy
there?
Doraemon
: I usually buy some food, fruit, and
anything.
Jayen : Oh, you can buy some fruits in my
mother. My mother and my father sell
some fruits in
market.
Doraemon : Really? Oke Jayen. We can buy some fruits
from your mother.
Nobita : Sizuka, what your mother sell in
market?
Sizuka : My mother sell some clothes.
Suneo : Nobita, Doraemon, Jayen if you want
to buy clothes you can buy to Sizuka.
Jayen : Of course. Don’t worry Suneo.
Nobita : Oke, nice to meet you Sizuka, Jayen
and Suneo. I must go shoping now.
Doraemon : Yes, of course. Good Bye.
Sizuka : Good bye.