RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 1 Harapan
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester :
V/II
Hari/Tanggal :
Alokasi waktu :
2 x 35 menit
STANDAR KOMPETENSI
2. Menghargai peran tokoh pejuang dan masyarakat
dalam mempersiapkan danmempertahankan kemerdekaan Indonesia
KOMPETENSI DASAR
2.3 Menghargai jasa dan peran tokoh perjuangan
dalam memproklamasikan kemerdekaanIndonesia
INDIKATOR
1. Kognitif
Produk
a. Mengidentifikasi peristiwa-
peristiwa penting yang terjadi di sekitar Proklamasi (Peristiwa Rengasdengklok,
proses penyusunan teks proklamasi dan detik- detik proklamasi kemerdekaan).
b. Menjelaskan peran tokoh yang
terlibat dalam peristiwa proklamasi.
Proses
a. Melaksanakan kerja kelompok tentang peristiwa Rengasdengklok,
proses penyusunan teks proklamasi dan detik- detik proklamasi
kemerdekaan.
b. Melaksanakan kerja kelompok mengeksplorasi tentang peran tokoh dalam peristiwasekitarproklamasi.
2. Afektif
Mampu membiasakan nilai- nilai kepahlawanan dalam
perilaku sehari- hari.
3. Psikomotor
a. Terampil membuat tabel waktu tentang tahapan peristiwa menjelang proklamasi.
b. Mampu membuat riwayat singkat tentang tokoh- tokoh penting dalam
peristiwa
proklamasi.
I.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Kognitif
Produk
a. Siswa dapat mengidentifikasi
peristiwa- peristiwa penting yang terjadi di sekitarproklamasi (peristiwa
Rengasdengklok, proses penyusunan teks proklamasi dan detik- detik proklamasi kemerdekaan)dengan
baik.
b. Siswa dapat menjelaskan peran tokoh
yang terlibat dalam peristiwa proklamasidengan benar dan lancar.
Proses
Proses
a. Siswa dapat melaksanakan kerja
kelompok tentang peristiwa Rengasdengklok, proses penyusunan teks proklamasi dan
detik- detik proklamasi kemerdekaan dengan baik.
b. Siswa dapat melaksanakan kerja
kelompok mengeksplorasi tentang peran tokohdalam peristiwa sekitar proklamasi dengan
baik.
2. Afektif
Siswa mampu membiasakan nilai- nilai kepahlawanan
dalam perilaku sehari- haridengan baik.
3. Psikomotor
a. Siswa mampu terampil membuat tabel
waktu tentang tahapan peristiwa menjelangproklamasi dengan benar.
b. Siswa mampu membuat riwayat singkat
tentang tokoh- tokoh penting dalam peristiwaproklamasi dengan benar.
II.
MATERI PEMBELAJARAN
1. Peristiwa-
peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945.
2. Tokoh- tokoh
Penting dalam Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
III. METODE dan
MEDIA PEMBELAJARAN
Metode
Pembelajaran
Ceramah, Tanya jawab, Diskusi dan Penugasan
Media Pembelajaran
Lotre arisan,gambar peristiwa Rengasdengklok ,
teks proklamasi,gambar detik- detik proklamasi kemerdekaan dan gambar tokoh penting
dalam kemerdekaan.
IV. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
( 5 menit )
1.
Guru
mengucapkan salam dan meminta salah satu siswa untuk memimpin doa.
2.
Guru
mengabsen kehadiran siswa
3.
Gurumengajak
siswa menyanyikan lagu “Hari Kemerdekaan”.
4.
Guru
melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan “Proklamasi Kemerdekaan Negara
Indonesia pada tanggal?”.
5.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini dan langkah-langkahnya kegiatannya
B. Kegiatan
inti ( 55 menit )
1.
Guru membagi
siswa menjadi 3 kelompok dengan cara berhitung (5 menit)
2.
Guru
menjelaskan tata cara diskusi kelompok
(5 menit)
3.
Guru menyediakan
lotre arisan dan perwakilan kelompok memilih salah satu lotre arisan yang
disediakan guru, kemudian tiap kelompok membuka lotre arisan dan menemukan
materi diskusi kelompok (5 menit)
4.
Guru
membagikan lembar diskusi kelompok (3 menit)
5.
Siswa dalam
kelompok mendiskusikan lembar diskusi dengan bimbingan guru (15 menit)
6.
Wakil
kelompok mempresentasikan hasil diskusi
( 15 menit)
7.
Pembahasan
hasil diskusi (7 menit)
C. Penutup
( 10 menit )
1. Siswa bersama guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
2. Guru membagikan soal evaluasi kepada masing-masing
siswa, dan siswa langsung menerjakan secara individu.
3. Guru melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang
baru dilakukan.
4. Guru memberikan tugas rumah untuk mengerjakan soal
evaluasi bab 8 halaman 192 - 194 romawi I , II dan III buku paket IPS kelas 5.
5. Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucap
salam.
V.
SUMBER BELAJAR
Susilaningsih, Endang dan linda S. Limbong. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI Kelas 5.
Jakarta: PT. Galaxy Puspa Mega.
VI.
PENILAIAN
a. Prosedur :
Proses dan Produk
b. Jenis Penilaian :
Tes dan Nontes
c. Teknik Penilaian :
Tulis, Lisan dan Perbuatan
d. Bentuk Penilaian :
Obyektif
e. Alat Penilaian :
Soal, kunci jawaban dan standar penskoran,
lembar pengamatan dan rubrik/standar
pengskoran