Langsung ke konten utama

RPP Bahasa Indonesia kelas 6 - SK. Memahami Teks Dengan Membaca Intensif Dan Membaca Teks Drama


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan         : SD Negeri 1 Harapan
Mata Pelajaran               : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester               : VI/II
Hari/Tanggal                  :
Alokasi waktu                : 2 x 35 menit

STANDAR KOMPETENSI
7. Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca teks drama

KOMPETENSI DASAR
7.2  Mengidentifikasi berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari teks drama anak

INDIKATOR
1. Kognitif
Produk
a.  Mengidentifikasi berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari teks drama anak
b.  Mencatat informasi- informasi penting dari drama anak
c.  Menanggapi isi drama anak

Proses
   a. Melaksanakan atau memperagakan drama anak di depan kelas
   b. Melaksanakan kerja kelompok mencatat informasi- informasi penting dari drama anak
c. Melaksanakan kerja kelompok menanggapi isi drama anak

2. Afektif
Mampu membiasakan sikap senang bekerja sama bersama orang lain

3. Psikomotor
Mampu memperagakan drama di depan kelas.
   
I.          TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Kognitif
Produk
a. Siswa dapat mengidentifikasi berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari teks drama anak dengan benar
b.  Siswa dapat mencatat informasi- informasi penting dari drama anak dengan benar
c.  Siswa dapat menanggapi isi drama anak dengan tepat

Proses
a. Siswa dapat melaksanakan atau memperagakan drama anak di depan kelas dengan baik dan benar
   b. Siswa dapat melaksanakan kerja kelompok mencatat informasi- informasi penting dari drama anak dengan benar
c. Siswa dapat melaksanakan kerja kelompok menanggapi isi drama anak dengan benar

   2. Afektif
Siswa mampu membiasakan sikap senang bekerja sama bersama orang lain dalam kehidupan sehari- hari

  3. Psikomotor
 Siswa mampu memperagakan drama di depan kelas dan bekerja sama bersama teman kelompok

  II.          MATERI PEMBELAJARAN
Teks drama anak dan unsur – unsur drama (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita dan amanat).


   III.     METODE dan MEDIA PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran
Ceramah, Tanya jawab, Diskusi kelompok, memperagakan drama anak dan Penugasan        
Media Pembelajaran
Wayang doraemon

   IV.     LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A.   Pendahuluan ( 5 menit )
1.         Guru mengucapkan salam dan meminta salah satu siswa untuk memimpin doa.
2.         Guru mengabsen kehadiran siswa
3.         Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan tentang pengertian teks drama.
4.         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini dan langkah-langkahnya kegiatannya
B.   Kegiatan inti ( 55 menit )
1.    Guru menjelaskan materi unsur tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita dan amanat. (10 menit)
2.    Guru menyiapkan wayang doraemon (2 menit)
3.    Guru menjelaskan tata cara bermain drama menggunakan wayang doraemon (3 menit)
4.    Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok , pembagian kelompok berdasarkan nomor absensi siswa. (2 menit)
5.    Dua  wakil kelompok maju kedepan memperagakan teks drama menggunakan wayang doraemon yang sudah disediakan oleh guru (20 menit)
6.    Guru memberikan reward kepada siswa yang memperagakan teks drama anak (3 menit)
7.    Siswa dalam kelompok mendiskusikan informasi- informasi penting dari drama anak (5 menit)
8.    Siswa dalam kelompok mendiskusikan isi drama anak (5 menit)
9.    Salah satu wakil kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok (5 menit)
C.   Penutup ( 10 menit )
1.    Siswa bersama guru membuat kesimpulan  materi yang telah dipelajari.
2.    Guru membagikan soal evaluasi kepada masing-masing siswa, dan siswa langsung menerjakan secara individu.
3.    Guru melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang baru dilakukan.
4.    Guru memberikan tugas rumah untuk mengerjakan soal evaluasi LKS halaman 9-12.
5.    Guru mengakhiri pembelajaran dengan berdo’a dan mengucap salam.

V.   SUMBER BELAJAR
N. Hanif dan Mafrukhi. 2006. Saya Senang Berbahasa Indonesia. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

VI.   PENILAIAN
a.    Prosedur                             : Proses dan Produk
b.    Jenis Penilaian                    : Tes dan Nontes
c.    Teknik Penilaian                 : Tulis, Lisan dan Perbuatan
d.   Bentuk Penilaian                : Obyektif
e.    Alat Penilaian                     : Soal dan kunci jawaban, lembar pengamatan dan
  rubrik/standar pengskoran


                                                                                       
                     
LAMPIRAN              :

1.                  Materi Pembelajaran
2.                  Lembar Diskusi Kelompok
3.                  Soal dan Kunci Jawaban
4.                  Lembar Pengamatan Diskusi Kelompok
5.                  Lembar Penilaian Evaluasi


























Lampiran 1
MATERI PEMBELAJARAN

Teks Drama
(Adegan 1 di jalan)
Giant sedih, ia bingung. Dua adiknya sedang sakit. Akan tetapi ia tidak punya uang untuk membawa mereka ke dokter. Berobat ke dokter sangat mahal. Karena terdesak, Giant terpaksa mencuri.
(Giant berjalan mengendap- endap membawa koper curiannya. Tiba- tiba datang dua orang petugas keamanan.)
Petugas 1 (Suneo)       : Hai. Apa yang kamu bawa?
Petugas 2 (Nobita)      : Kamu mencuri, ya?
Giant                           : Oh tidak Pak. Ini koper milik saya.
Suneo dan Nobita       : Jangan bohong. Koper ini milik Pak Kikir. Kami melihat kamu
  mencurinya.
Suneo                          : Ayo, ikut kami ke kantor. Borgol dia.
Giant                           : Jangan Pak.
(Kedua petugas Nobita dan Suneo menangkap dan membawa Giant ke kantor. Di kantor itu, ada Komandan Doraemon)

(Adegan 2 di kantor polisi)
Doraemon                   : Siapa namamu, hai pencuri.
Giant                           : Nama saya Giant, Pak. Saya tidak mencuri.
Doraemon                   : Giant, buka koper itu. Kamu bilang itu milikmu.
Giant                           : Emmm, saya tidak punya kuncinya pak.
Suneo                          : Pak, koper ini saya bawa ke tukang kunci saja ya, agar mereka
  yang membukanya.
(Setelah Suneo pergi, Giant berbisik kepada Komandan Doraemon)
Giant                           : Pak, koper saya ini penuh uang. Bagaimana jika Suneo membawa
  kabur uang itu.
Doraemon                   : Oh iya kamu benar. Saya tidak berfikir ke sana. Hei Nobita,
                                      Segera ikuti dan awasi Suneo kemanapun ia pergi.


(Nobita pergi)
 Giant                          : Pak, bagaimana jika kedua anak buah bapak tadi bersekongkol
  membawa kabur isi koper itu?

Doraemon                   : Oh, lagi- lagi kamu benar. Mengapa aku tadi tidak pikir- pikir dulu
                                      (Ia jadi gelisah) Jika begitu saya akan mengikuti mereka. Kamu
   tetaplah disini.
Giant                           : Baik Pak. Wah bodoh sekali mereka. Aku ditinggal disini
  sendirian. Ini kesempatan yang baik untuk kabur.

Giant pulang. Ia bertambah binggung melihat penyakit adiknya yang semakin parah. Kemudian ia terpaksa mencuri lagi. Ia mencuri patung antik milik Dokter Sizuka. Akan tetapi ia tertangkap lagi.
Doraemon                   : Nah, kamu lagi. Kamu mencuri lagi.
Giant                           : Pak, kali ini saya tidak mencuri. Ini patung murah yang saya beli
  dari pasar.
Nobita                         : Pak, apakah saya harus mencari pemilik patung ini?
Doraemon                   : Jangan. Aku tidak akan membiarkan dua anak buahku keluar dari
  sini. Pencuri ini akan membohongi kita dan kabur lagi. Pikirkan
  cara yang lain.
Giant                           : Kalau begitu, Komandan Doraemon saja yang pergi. Biar kedua
  anak buah bapak yang menjaga saya.
Doraemon                   : Oh ya kamu benar. Biar aku yang mencari pemilik patung antik itu.
  Kalian berdua jagalah pencuri ini.
Nobita                         : Baik Pak.
Suneo                          : Kami akan menjaganya dengan baik pak.

(Setelah komandan pergi, hanya ada 3 orang diruangan itu)
Giant                           : Kasihan Komandan Doraemon. Sebenarnya patung antik ini milik
  seorang dokter. Ia tak perlu susah payah mencari pemiliknya.
  Sebaiknya kalian cari dan beritahu dia tentang pemilik patung itu.

Nobita                         : Aha, aku akan mencari Komandan Doraemon dan
  memberitahukannya. (Sambil berbisik lirik kepada dirinya sendiri,
  lalu pergi)
Giant                           : Pak Nobita itu pintar sekali, ya. Ia buru- buru memberitahu tentang
  pemilik patung ini kepada Komandan Doraemon agar dapat pujian,
  kasihan Bapak Suneo ditinggal.
Suneo                          : Oh, kalu begitu aku akan lari mendahuluimya menemui Komandan
  Doraemon. (Lalu pergi)

(Semua pergi. Tidak ada orang dikantor itu)
Giant                           : Wah, aku bisa kabur lagi.
(Giant kemudian pergi membawa patung antik itu sambil setengah berlari. Akan tetapi tiba- tiba ia berhenti dan menyadari sesuatu)
Giant                           :Sudah dua kali aku gagal menjadi pencuri. Hari ini jika aku berhasil
menjual patung ini, maka aku berhasil menjadi pencuri. Oh tetapi menjadi pencuri bukanlah hal yang menyenangkan. Aku akan terus diburu perasaan bersalah. (Giant berkata lirih kepada dirinya)
Giant                           : Ah, aku akan kembalikan saja patung ini.

(Setelah sampai dirumah Dokter Sizuka)
Dokter Sizuka             : Mengapa kamu melakukan ini anak muda?
Giant                           : Adikku sakit parah, tetapi aku tidak punya uang untuk
  membawanya ke dokter.
Dokter Sizuka             : Ayo, cepat bawa aku ke rumahmu. Biar aku periksa keadaannya.

(Kemudian mereka pergi ke rumah Giant untuk memeriksa adiknya. Dokter Sizuka merawat kedua adik Giant sampai sembuh)
Giant                           : Oh, Tuahku. Aku bersyukur kepada-Mu. Ternyata masih ada
  dokter berhati mulia yang mau menolong tanpa imbalan apapun.
  Terimakasih Tuaanku.



UNSUR – UNSUR DRAMA
 TOKOH, SIFAT, LATAR, TEMA, JALAN CERITA dan AMANAT

Pengertian Drama
Drama adalah karangan yang menggunakan kehidupan dan watak manusia dalam bertingkah laku yang dipentaskan dalam beberapa babak. Seni Drama sering juga disebut seni teater.

Unsur- unsur Drama
1. Tema
    Adalah ide pokok atau gagasan utama sebuah cerita drama
2. Alur
    Adalah jalan cerita dari sebuah pertunjukkan drama muali babak pertama hingga babak terakhir.
3. Tokoh
    Tokoh drama atau pelaku drama terdiri dari tokoh utama dan tokoh pembantu. Tokoh utama atau peran utama disebut primadona sedangkan tokoh pembantu disebut figuran.
4. Watak
    Adalah perilaku yang diperankan oleh tokoh drama. Watak protagonis adalah watak (perilaku) baik yang diperankan oleh tokoh drama, contohnya : penyabar, kasih sayang, santun, pemberani, pembela yang lemah, baik hati dan sebagainya. Sedangkan watak antagonis adalah watak (perilaku) jahat yang diperankan oleh tokoh drama, contohnya : sufat iri dan dengki, kejam, penindas dan sebagainya.
5. Latar
    Latar atau setting adalah gambaran tempat, waktu dan situasi peristiwa dalam cerita drama.
6. Amanat
    Adalah pesan yang ingin disampaikan pengarang kepaa penonton. Amanat drama atau pesan drama diampaikan melalui peran para tokoh drama

Postingan populer dari blog ini

RPP Bahasa Inggris (Skill Speaking) SD

A.       Tujuan Pembelajaran 1.     Siswa dapat melafalkan kosa kata baru setelah diberi contoh dengan benar 2.     Siswa dapat merespon dengan verbal sesuai instruksi guru dengan tepat 3.     Siswa dapat mengungkapkan kalimat sederhana dengan benar dan percaya diri 4.     Siswa dapat melaksanakan percakapan (bermain peran) dengan benar dan percaya diri B.        Materi Pembelajaran 1.     Vocabulary (Terlampir) 2.     Teks percakapan (Terlampir) C.       Media Pembelajaran 1.     Gambar Hewan 2.     Wayang Doraemon D.       Metode Pembelajaran Bermain peran wayang doraemon E.        Langkah Kegiatan Pembelajaran Kegiatan Pendidikan karakter Alokasi waktu ...

RPP IPS - Menghargai Peran Tokoh Kemerdekaan Indonesia

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan          : SD Negeri 1 Harapan Mata Pelajaran                : Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas/Semester                : V/II Hari/Tanggal                   : Alokasi waktu                 : 2 x 35 menit STANDAR KOMPETENSI 2.     Menghargai peran tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan danmempertahankan kemerdekaan Indonesia KOMPETENSI DASAR 2.3 Menghargai jasa dan peran tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaanIndonesia INDIKATOR 1.1.   1. Kognitif Produk a. Mengidentifikasi peristiwa- peristiwa penting yang terjadi di ...